7 Masalah Mesin Absensi dan Penanganannya

Kualitas setiap masing-masing absensi sidik jari berbeda-beda, hardware yang terbaik dengan standar International yang telah memenuhi FCC standard USA dan CE standard Europe. Biasanya terdapat pada bagian belakang. Namun, sekalipun mempunyai kualitas hardware yang baik jika penggunaan dan perawatan salah akan menimbulkan masalah kedepanya. Berikut beberapa contoh masalah dan cara penanganan mesin sensor sidik jari.

1. Identifikasi Lambat
Scan absensi menjadi lambat dipengaruhi beberapa faktor, kondisi permukaan sensor merupakan masalah pertama yang harus segera di periksa. Apabila kondisi kaca sensor terlihat buram/tidak jernih segera bersihkan dengan selotip bening dan ulangi beberapa kali sampai bersih.
Absensi stand alone mempunyai batasan kapasitas sidik jari dan record transaksi. Jumlah data menjdai alasan kedua kenapa identifikasi menjadi lambat. Data presensi yang tersimpan pada mesin akan berpengaruh pada sistem identifikasi, semakin banyak data tersimpan semakin lama pula proses identifikasi sidik jari. Jadi lakukan penghapusan data pada mesin secara berkala, setelah mendownload semua data. Begitu juga untuk absensi yang menggunakan sensor U.are.U 4000B/4500, jumlah pengguna akan mempengaruhi kinerja sistem, untuk mempercepat silahkan mengkombinasikan absensi dengan mengetikkan PIN. Selain itu, hapus data presensi pada database secara berkala dengan membackup data base sebelumnya.
2. Tidak Menerima Scan
Masalah ini sering kita temui, kasus tidak menerima scan bisa seluruh karyawan atau sebagian. Keadaan permukaan sensor menjadi hal pertama kita periksa. Pastikan permukaan sensor dalamn kondisi hidup normal tidak ada goresan.
Periksa data karyawan dan sidik jari pada mesin, karena bisa saja admin secara tidak sengaja menghapus data mesin. Apabila diketahui status data pada mesin benar tidak ada silahkan mengupload ulang data dan sidik jari karyawan.
3. No more Space
Tidak ada ruang untuk menyimpan data absensi bisa mengakibatkan fatal, scan absensi karyawan yang dalam pesan suara diterima, namun data tidak tersimpan pada memory . Download data semua data presensi kemudian lakukan penghapusan data presensi.
4. Jam dan Tanggal Tidak Sesuai
Sinkronisasi waktu dengan komputer melalui software atau mesin kemudian matikan dan hidupkan kembali. Apabila pada berikutnya jam dan tanggal kembali ke semula kerusakaan tersebut batery c-mos. Anda bisa mengirimkan unit ke service center untuk penggantian c-mos.
5. Tidak Bisa Terkoneksi dengan Komputer
Sistem koneksi mesin ada beberapa cara, untuk koneksi dengan USB Cable dan RS 232 tidak dapat terkoneksi pada umunya dikarenakan driver kabel yang belum terinstal atau corupt. Silahkan instal ulang driver USB cable kemudian restart komputer.
Untuk koneksi menggunakan TCP/IP silahkan periksa kabel jaringan, pastikan sudah terkoneksi dengan baik. Untuk memeriksa koneksi silahkan Ping IP Mesin. Untuk pengaturan IP Mesin dan IP Komputer yang digunakan harus satu kelas. Untuk IP Mesin secara default beberapa mesin menggunakan 192.168.1.201 dan 192.168.0.218. Dan bila sudah disetting namun masih belum bisa terkoneksi anda bisa mencoba disabled firework dan anti virus sementara.
6. Mesin Restart-restart (hidup-mati) dan Mati Total
Kondisi yang tidak stabil bisa dipengaruhi karena suply daya listrik yang tidak setabil. Hal ini bisa dikarenakan output tengangan dan arus adaptor yang sudah tidak maksimal. Silahkan memindahkan adaptor ke stop kontak yang lain. Apabila masih sama silahkan, mengirimkan unit ke service center guna penanganan lebih lanjut.
7. Mesin Hang Macet
Dikarenakan penyimpanan data over load, Hardware troble atau Adaptor rusak bisa mengakibatkan hang atau macet. Untuk menanggulangi hal tersebut kita bisa mendownload semua data kemudian menghapusnya. Bisa juga dengan merestart mesin (mematikan mesinkemudian  menghidupkan kembali). Apabila kondisi masih sama, bisa dengan mereset/inisialisasi mesin. Apabila masih berlanjut silahkan menghubungi Tim teknis Service Center Produk Fingerspot terdekat.
Setiap kerusakaan yang tidak terselesailkan pada akhirnya akan dibutuhkan seorang tim teknis ahli untuk menangani kerusakaan tersebut. Jadi pastikan produk absensi yang anda gunakan mempunyai service center yang jelas seperti Fingerspot yang merupakan Brand Produk Sidik Jari menyediakan Customer Support yang siap menangani segala masalah juga Showroom dan Service Center di beberapa kota di Jawa an Luar Jawa.

Pastikan Produk Sidik Jari Anda Benar-benar dari Fingerspot!

Oops! Forgot to put a label.

Author: mesin absensi dan akses pintu

Date: Kamis, 04 April 2013

75 comments | Leave a comment

75 comments

MTs NW Selayar 1 Desember 2014 pukul 17.20
Bagaimana kalau pada laporan, nama harinya selalu sama. Misalnya dari tanggal 1-30 harinya senin semua.
Mohon Solusinya Sob ?
Unknown 10 Agustus 2015 pukul 02.44
bagaimana jika mesin absensi tidak mau menampilkan laporan hasil log terkahir padahal sudah di downlaod berkali-kali,jadwal pada mesin pun telah saya cek sebelumnnya?terimakasih...
Unknown 17 September 2015 pukul 00.45
terimakasih banyak gan atas infonya
salam Rajalistrik.com
Fazri 9 November 2015 pukul 05.23
bagaimana jari tdk terekam dari mesin ke kmputer
Fazri 9 November 2015 pukul 05.24
bgmn jika jari tdk terapload dari mesin ke kputer dlm detil harian bulan dst.....
Fazri 9 November 2015 pukul 05.26
bgmn jika jari tdk terapload dari mesin ke kputer dlm detil harian bulan dst.....
Fazri 9 November 2015 pukul 05.27
bgmn jika jari tdk terapload dari mesin ke kputer dlm detil harian bulan dst.....
Fazri 9 November 2015 pukul 05.27
bgmn jika jari tdk terapload dari mesin ke kputer dlm detil harian bulan dst.....
Unknown 15 November 2015 pukul 22.45
bagaimana jika tdk bisa membaca scan keluar padahal jika kita absen sudah berhasil
Unknown 2 Desember 2015 pukul 21.42
bagaimana solusi menhilangkan/menhapus data kehadiran yng sdah terlanjur ngepin padahal di hari itu statusnya tdak masuk kerja.. terima kasih,. mohon solusinya
Unknown 17 Desember 2015 pukul 23.29
bagaimana solusi fingerspot yang gagal konek (via jaringan) terus, pada alamat IP mesin dan ip di fingerspot sama, tapi masih gk bisa konek terus. mohon solusinya
Unknown 6 Januari 2016 pukul 17.08
bagaimana jika kita sudah donlod data presesi dan setelah kita klik d lapoaran tetapi ada tulisan unsuportet FRF format?? mohon solusinya...
dokkuda 8 Januari 2016 pukul 20.19
bagaimana cara inisialisasi/reset fingerspot matrix series?? karena punya saya sering hang gak bias booting... setiap kali mati lampu pasti hang, harus dimatikan sampai berhari hari baru bias booting lagi ke menu... mohon dibantu solusi supaya tidak harus menunggu berhari - hari lagi. atau minta info tombol shortcut untuk reset mesin. trims
rsud 31 Januari 2016 pukul 23.22
BAGAIMANA UNTUK MENGEMBALIKAN DATA PEGAWAI YANG TELAH DI HAPUS, AGAR BISA KEMBALI LAGI
Unknown 26 Februari 2016 pukul 01.08
Mengapa rekap absen bulan Februari
mulai tanggal 24 sampai 27 tidak muncul?
Unknown 2 Maret 2016 pukul 15.21
Pinjerprint sya tdk bisa merekam data bila tdk terkoneksi dgn laptop,masalahx dmana gan?
Unknown 2 Maret 2016 pukul 15.21
Pinjerprint sya tdk bisa merekam data bila tdk terkoneksi dgn laptop,masalahx dmana gan?
Unknown 8 Maret 2016 pukul 00.48
kalo fingerprint gagal berfungsi, trus sistem operasi men blokir prosesnya?? cara ngatasi nya gmna gan??
mesin absensi dan akses pintu 9 Maret 2016 pukul 03.19
Iyand harun, Pastikan Sebelum instal antivirus dimatikan trerlebih dahulu, Info lebih lanjut hubungi Cabang terdekat
mesin absensi dan akses pintu 9 Maret 2016 pukul 03.19
Joko Win, Apakah sudah dipastikan semua karyawan sudah terjadwal
mesin absensi dan akses pintu 9 Maret 2016 pukul 03.20
cella, Software yang dipakai apa dan mesin tipe apa?
mesin absensi dan akses pintu 9 Maret 2016 pukul 03.21
untuk semuanya mohon dituliskan tipe mesin dan softwarenya, karena produk fingerspot banyak tipe dan software, terimakasih
D'R Collection Ecer Grosir Murah 13 Maret 2016 pukul 19.33
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Cah nDeso 1 April 2016 pukul 22.51
gini gan kami punya masalah, kami mau print hasil dari Finger print tetapi data yang ada di mesin tidak bisa terekam oleh Flasdic, pada ha; pada mesin masuk tetapi pada data yang terekam tidak ada yang masuk semua.Mohon solusinya gan terima kasih.
saukang 12 April 2016 pukul 23.27
tipe mesin ane neo-151nc, tidak dapat terkoneksi ke PC pada hal settingan mesin sudah sama dengan aplikasi, kabel juga sudah saya cek dengan baik. mohon solusinya.
Unknown 2 Mei 2016 pukul 23.48
untuk jari yang tidak terhubung dari mesin ke komputer ada baiknya cek ip pada komputer,jangan ada ip yang sama karena akan terjadi kerusakan koneksi atau tidak terhubung.
salam informatika
Unknown 4 Mei 2016 pukul 21.31
Bgaimana jika karyawan yang sudah Finger tapi ttp muncul 00(nol).?
Unknown 27 Mei 2016 pukul 00.42
numpang tanya gan finger kantor saya x100c,kalau dinyalain layar indikator merah nyala terus, dan tidak menampilkan layar dan lampu hijau sidiknya nyala tapi gk berfungsi. apa kendala dan solusinya ya gan ?
lehorskom 27 Juni 2016 pukul 01.47
Kabel data dari mesin finger print tidak mau konek dengan komputer, jadi tidak bisa download data dari mesin finger print, solusinya gimana yah?
Yasir 13 Juli 2016 pukul 00.58
Klo no space more cara ngatasi gimana gan mesin absen saya tidak bisa konek k pc klo dr mesin lansung gman
Anonim 15 Juli 2016 pukul 20.58
kenapa pada software fingerspot kami tidak bisa melakukan cetak absensi, dan sewaktu di lakukan pencetakan selalu gagal dan muncul

Cannot create file "C:\Windows\system32\RBuilder.ini". Access is denied
mohon solusi untuk kondisi seperti ini.
Unknown 24 Juli 2016 pukul 20.41
Bagaimana bila mau mereset ulang fingerprint nya tetapi setelah masuk ke menu ada perintah "Ijin Admin"? padahal saya lupa pasword sama Id nya?
y 2 Agustus 2016 pukul 19.09
cara menghubungkan ke pc bagaimana caranya,,padahal ip mesin dan ip pc sudah satu kelas
sudah saya test di cmd juga sudah terhubung tapi mesin belum juga terhubung dengan pc
Anonim 27 September 2016 pukul 06.58
Fingerprint di kantor saya kadang bunyi sendiri,padahal tdk ada yg sedang check clock. knp ya ?
Unknown 1 Oktober 2016 pukul 08.01
cara untuk reset hard mesin fingerspot gmn??
Unknown 2 Oktober 2016 pukul 19.27
saya admin di tmpat kerja. kami sudah mggunakan absen fingerprint sejak oktober 2015. sejak bulan juni 2016 saya pakai pasword saat login di software Attendance Management.
bulan agustus saya hapus admin dan passwordnya biar gak repot lagi masuk ke aplikasinya, tapi saat saya mau masuk tetap pake password dan saat saya login dgn username dan password saya kok tidak bisa lagi. jadi saya gak bisa cetak printoutnya lagi. gimana solusinya?
saya admin satu2nya disini. mohon pencerahannya.

tipe mesin saya SOLUTION X100-c

terima kasih
Unknown 7 Oktober 2016 pukul 01.31
bagaimana jika mesin absensi tidak mau menampilkan laporan hasil log terkahir padahal sudah di downlaod berkali-kali,jadwal pada mesin pun telah saya cek sebelumnnya?terimakasih...
Aas 18 Oktober 2016 pukul 17.28
Assalamualaikum,
laptop yg saya gunakan untuk data finger print eror. terus saya pakai laptop lain dan saya instal ulang aplikasi finger printnya. masalahnya: PC gak mau konek ke mesin. mohon solusinya.. terima kasih sebelumnya>>
Wassalaam
Unknown 31 Oktober 2016 pukul 19.48
min.. mesin saya deskproo series .. pagi ini pas mau download presensi ,, muncul dialog ini ..could not convert variant of type (null) into type (string)..
padahal mau gajjian.. cepet bantu sayaa.....
makasih banyak..
Anonim 2 November 2016 pukul 17.54
saya mau tanya.. saya punya mesin fingerprint tipe Krisbow T-Max7 kalau mau resrtart gimana ya? karena admin sebelumnya udah ngak ada, ngak bisa lagi mengakses mesinnya. thanks
Unknown 6 November 2016 pukul 17.06
Admin...mohon soulisnya, saya punya Fingerspot Compact series tapi SN dan Kode Aktivasinya hilang..
Unknown 8 November 2016 pukul 17.57
Admin, gmna cara menupload record absen karyawan ke mesin sidik jari?
Unknown 20 November 2016 pukul 09.23
bagaimana mengatasi koneksi yang gagal dengan USB? terima kasih
Catur mandahasta 5 Desember 2016 pukul 05.08
mau tanya min saya punya tipe premier series waktu di mesin kok berubah-ubah selisih kurang lebih 1/2 jam udah direstart pada mesin tapi kok kembali lagi solusinya gimanaya min trim sebelumnya.
Anonim 5 Desember 2016 pukul 22.10
Admin ya Slow Respon ... banyak pertanyaaan yg gak dijawab.
Unknown 30 Desember 2016 pukul 20.27
Aplikasi saya tiba tiba gak usah pakai password. Tapi pas saya masuk menu mesin, ada access controlnya. Padahal sebelumnya gak ada access control. Terus mau fownload scanlog kan gak bisa, soalnya ada access controlnya. Mohon bantuannya min. Makasih
Unknown 15 Januari 2017 pukul 23.40
Bagaimana kalau anakanaknya tidak mau memakai fingerprint pak buu. pusing saya
Unknown 26 Januari 2017 pukul 16.11
mesin absen nya gak suka sama saya
Unknown 15 Februari 2017 pukul 19.42
Mintak tolong infoemasi nya Bos.
Mesin finggerspot TM saya jam nya selalu kembali ke awal.
sedangkan batre cemos nya sudah di ganti dengan yang baru.
solusi nya dong
Anonim 4 Mei 2017 pukul 20.08
kenapa mesin absensi ini tidak bisa terkoneksi via USB.
Dan bagaimana mengaktifkan software payroll di software absensi.
Tipe Mesin X100-C Solutions.
Terima Kasih.
Unknown 29 Juli 2017 pukul 07.42
terimakasih tips yang sudah diberikan,setelah saya ikuti tips yang di atas finger absen saya sekarang sudah bisa di gunakan lagi tanpa harus beli lagi yang baru
tonton free film dan video gratis https://video.codes
NOF APRIANTO 25 Agustus 2017 pukul 16.50
Assallamuallaikum. admin bagaimana jika mesin absensi tidak mau menampilkan laporan hasil log terkahir padahal sudah di downlaod berkali-kali, sudah itu lama lagi download data presensinya [adahal jadwal pada mesin pun telah saya cek sebelumnnya? mohon solusinya min...makasih..
Unknown 7 September 2017 pukul 19.07
Bagaimana jika mesin mengeluarkan peringatan sistem rusak dan alarm mesin berbunyi terus menerus meskipun sudah dimatikan?
Trmksh..
Unknown 29 September 2017 pukul 06.32
bagai mana cara menebalkan sidik jari kita gan... soalnya sidik jari saya gk bisa kebaca padahal medinnya baik" saja...
Unknown 3 Oktober 2017 pukul 05.46
di aplikasi FPersonel, download user bisa dan lancar, tpi saat download scanlog tidak bisa dan macet. solusinya gimana gan? terima kasih
Jamuzi 25 Oktober 2017 pukul 00.23
Bagaimana jika sidik jarinya SI A tapi yang mncul di PC computer Nama Si B
Unknown 4 November 2017 pukul 19.47
bagaimana jika mesin absensi tidak mau menampilkan laporan hasil log terkahir padahal sudah di downlaod berkali-kali,jadwal pada mesin pun telah saya cek sebelumnnya?type mesin revo dua 158-bnc.
Unknown 18 November 2017 pukul 01.34
Halo mas....pinger print tidak bisa di download data nya baik melalui usb atau sofware mas
Unknown 18 November 2017 pukul 01.35
Halo mas....pinger print tidak bisa di download data nya baik melalui usb atau sofware mas
Unknown 18 November 2017 pukul 01.37
Keterangan nya saat di pc via lan.. machine not online..padahal mechine biasa bukan cluod..
Unknown 19 Januari 2018 pukul 22.59
mohon maaf mau tanya untuk laporan absensi biar bs scan masuk dan keluar tampilannya sendiri2 settingnya gimana ya, ini stlah sy install ulang scan masuk dan keluar tercampur. jd harus liat satu persatu. mohon disolusikan
Unknown 7 Februari 2018 pukul 21.59
Cara copas hasil dari pingerprint p207 ke plashdisk gan
Inspirasi Pagi 26 Februari 2018 pukul 18.30
test masuk,,,,,ada yang tau permasalahan fingerprint merek solution
Edi Santoso 4 April 2018 pukul 23.51
bagaimana mengatasi mesin solution x 100 c yang papan tombolnya banyak yang macet..?
Hesti Rima 31 Mei 2018 pukul 16.43
Apakah bisa download laporan di awal bulan ? Masih tersimpan atau otomatis terhapus ?
Ariska Pratiwi 6 September 2018 pukul 02.26
kak mau tanya, jadi kabel lan fingerprint beberapa hari tidak koneksi ke komputer terus ketika mau buka data server data absensi karyawan tidak tersedia. Apakah memang seperti itu? Adakah solusinya agar data beberapa hari lalu tetap terbaca? Terima kasih
Ariska Pratiwi 6 September 2018 pukul 02.27
kak mau tanya, jadi kabel lan fingerprint beberapa hari tidak koneksi ke komputer terus ketika mau buka data server data absensi karyawan tidak tersedia. Apakah memang seperti itu? Adakah solusinya agar data beberapa hari lalu tetap terbaca? Terima kasih
Ariska Pratiwi 6 September 2018 pukul 02.27
kak mau tanya, jadi kabel lan fingerprint beberapa hari tidak koneksi ke komputer terus ketika mau buka data server data absensi karyawan tidak tersedia. Apakah memang seperti itu? Adakah solusinya agar data beberapa hari lalu tetap terbaca? Terima kasih
Ariska Pratiwi 6 September 2018 pukul 02.27
kak mau tanya, jadi kabel lan fingerprint beberapa hari tidak koneksi ke komputer terus ketika mau buka data server data absensi karyawan tidak tersedia. Apakah memang seperti itu? Adakah solusinya agar data beberapa hari lalu tetap terbaca? Terima kasih
jeams 4 November 2018 pukul 19.39
bagaimana cara mengatasi masalah jam masuk dan jam keluar tidak terekam.. padahal scan terekam
Untung Sutrisno 23 Desember 2018 pukul 08.11
Saya punya fingerprint merk primatech hybrid , dan bbrp waktu lalu komputer saya rusak hard disk nya shg data dan driver nya hilang , bgmn solusi nya ya ?
Anonim 16 Juni 2019 pukul 06.24
Mau program tarik data absensi secara otomatis tanpa bantuan operator??? dan hebatnya semua data bisa ditarik baik di cabang beda wilayah, kota bahkan negara. Cukup Mesin absensi dan server yg online. Porgram juga bisa di pasang lokal dan support window dan linux server. Bermiant dapat hub saya di 0813 48021 778 (WA)
Pembuatan Software di Balikpapan 21 Juli 2019 pukul 06.50
Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

Fitur :
1. Realtime
2. Support banyak merek mesin, dan satu server bisa menampung hingga puluhan mesin
3. Upoload user ke mesin yang diinginkan
4. Upoload template sidik jari ke mesin yang diinginkan
5. Hapus Transaksi di mesin
6. Hapus sidik jari di mesin
7. Tarik informasi mesin (Jumlah transkasi, jumlah sidik jari dan settingan mesin)
8. Dapat mengethaui status mesin online atau offline
9. Reboot mesin
10. Tarik manual data absensi dan sidik jari user
Unknown 14 April 2020 pukul 01.25
cara reset finger print merk Krisbow T-max7 bagaimana ya
Joko 8 Oktober 2021 pukul 05.22
Permasalah sy mesin semua berfungsi dgn baik.....cuma muncul suara bib bib terus

Posting Komentar

Terimakasih Telah Bersedia Memberi Masukan Kepada Kami

Best Regards,


Blog Fingerspot Team
Website: http://www.fingerspot.com/
------------------------------------------------------------------
Do you need to know What People Say About Fingerspot ? Please click here : http://www.fingerspot.com/testimonial